Code For GOD
Search…
FAQ

Apa itu hackathon?

Hackathon adalah suatu kegiatan yang biasanya diselenggarakan oleh perusahaan/organisasi yang bergerak dalam bidang teknologi untuk mengumpulkan banyak programmer komputer atau mereka yang terlibat dalam pengembangan software (termasuk graphic designer, interface designer, project manager, domain expert, dll.) untuk dalam waktu yang pendek (satu weekend) berkolaborasi secara marathon (kalau perlu tanpa tidur) menyelesaikan suatu proyek software bersama.

Apa itu #CodeForGOD?

#CodeForGOD adalah kegiatan hackathon virtual untuk Indonesia yang mengumpulkan para programmer Kristen atau komunitas Kristen penggiat teknologi untuk dalam waktu 48 jam berkolaborasi secara intensif menyelesaikan sejumlah proyek kreatif dan inovatif yang bermanfaat bagi kemajuan Kerajaan Allah di Indonesia. Dengan berpayung Indigitous, #CodeForGOD diselenggarakan oleh YLSA/SABDA dan para mitra.

Apa tujuan hackathon?

Tujuan diadakannya hackathon adalah untuk sekelompok programmer dapat saling bekerja sama mengerjakan suatu proyek kolaboratif. Kebanyakan hackathon merupakan suatu kompetisi tempat beberapa tim saling bersaing untuk menciptakan prototipe yang diinovasikan dari suatu tema atau meningkatkan suatu proyek yang sudah ada sebelumnya.

Siapa yang dapat berpartisipasi dalam hackathon #CodeForGOD?

Peserta hackathon #CodeForGOD adalah para programmer Kristen dan komunitas Kristen penggiat teknologi, termasuk software developer, graphic designer, interface designer, project manager, media expert, content creator, dll. dari berbagai penjuru Indonesia.

Bagaimana jika saya tidak bisa programming?

Tidak masalah! Sebagian besar orang yang pertama kali mengikuti hackathon biasanya hanya tahu sedikit tentang programming. Yang lebih relevan bukanlah latar belakang Anda saat mengikuti hackathon, melainkan ketertarikan Anda terhadap teknologi.

Bolehkah saya mendaftar ke hackathon seorang diri?

Ya. Anda diperbolehkan mendaftar dan melakukan pitching untuk ide Anda seorang diri. Namun, untuk berpartisipasi dalam hackathon dan mengembangkan prototipe Anda, Anda harus membuat atau bergabung dengan tim yang terdiri dari beberapa orang untuk mengerjakan proyek Anda.

Seberapa besarkah tim yang perlu dibentuk?

Suatu tim biasanya terdiri dari 3 -- 5 anggota. Anda bisa melakukan pitching untuk ide Anda seorang diri, tetapi Anda tetap memerlukan 3 -- 5 orang anggota tim untuk melanjutkan proyek Anda ke tahap pengembangan.

Bagaimana jika saya tidak memiliki ide/proyek untuk hackathon ini?

Anda tidak diharuskan memiliki ide/proyek sebelum acara hackathon. Sebagian besar orang datang tanpa membawa ide/proyek. Saat hackathon dimulai dan setelah Anda berbincang-bincang dengan para peserta lainnya, Anda bisa saja mendapatkan ide untuk memulai suatu proyek. Anda juga bisa berkolaborasi dengan peserta lain untuk mengerjakan proyek mereka.

Apakah saya harus membawa prototipe untuk dapat bergabung di hackathon?

Tidak. Anda bisa bergabung dengan membawa ide, lalu mengembangkan prototipenya selama hackathon. Pada hari Minggu, setelah bekerja sejak Jumat malam, Anda harus mempresentasikan demo dari proyek yang Anda kerjakan. Saat inilah Anda diharuskan memiliki MVP (Minimum Viable Product) sebagai demonstrasi dari ide Anda.

Bagaimana jika saya tidak ingin mempresentasikan prototipe yang sudah saya kerjakan?

Anda mungkin beranggapan bahwa proyek Anda tidak menarik atau mungkin belum selesai sehingga Anda tidak ingin mempresentasikannya. Namun, kami sangat mendorong Anda untuk tetap mempresentasikannya! Sebenarnya, hackathon bukanlah tentang menjadi yang terbaik atau bersifat kompetitif. Hackathon adalah tentang bersenang-senang, mendapatkan teman baru, dan belajar bagaimana menjadi lebih baik dalam hal-hal yang Anda pedulikan. Dengan mempresentasikan proyek Anda, Anda mendapat kesempatan untuk bangga atas apa yang sudah Anda kerjakan dengan tim.

Siapakah yang akan memegang hak milik atas proyek/prototipe yang sudah dikerjakan selama hackathon?

Tim yang mengembangkan proyek/prototipe itulah yang memegang hak penuh atas kepemilikan proyek/prototipe yang bersangkutan, tetapi panitia #CodeForGOD mendorong Anda untuk membagikan kode Anda untuk menjadikannya open-source.
Last modified 1yr ago