Code For GOD
Search…
Discord
Discord adalah salah satu platform komunikasi yang digunakan pada hackathon virtual #CodeForGOD 2020.

Apa itu Discord?

Pada dasarnya, Discord adalah aplikasi chatting. Tapi sistem aplikasi ini berbeda dengan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, atau LINE. Discord lebih dekat dengan aplikasi chatting untuk tim seperti Slack atau Microsoft Teams. Obrolan di Discord bisa berupa obrolan personal (antara dua orang pengguna) atau berdasar grup (melalui server). Obrolan di grup pun bisa dibagi lagi menjadi obrolan melalui kanal-kanal (channel). Anda juga bisa menggunakan obrolan suara (voice chat) atau panggilan video (video call).

Di Perangkat Apa Aplikasi Discord Tersedia?

Discord tersedia untuk PC, baik itu untuk Windows maupun Mac yang bisa diunduh di situs resminya. Kalian juga bisa mengakses Discord lewat browser secara langsung, tapi versi ini memiliki fitur yang sedikit terbatas.
Selain lewat PC, kalian juga bisa mengakses Discord di smartphone Android maupun iOS sehingga kalian bisa berbincang-bincang di mana saja. Fiturnya sebagian besar sama dengan versi PC tapi ada juga beberapa fitur yang tidak tersedia seperti screen sharing.
Download discord di: https://discord.com/download

Bagaimana cara memulai discord?

Download aplikasi Discord kemudian Anda bisa membuat akun Discord. Caranya sama seperti membuat akun lain. Yaitu mendaftarkan alamat email, memilih username, dan menentukan password. Anda perlu melakukan verifikasi akun tersebut lewat email yang dikirim ke alamat email yang Anda daftarkan.

Bagaimana Mengatur Akun Discord?

Seperti akun pada media sosial lain, Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhanmu. Anda bisa mengakses setelan akun Discord dengan menekan tombol Setelan (ikon gear) di bagian bawah, dekat avatar (gambar profil) akun Anda.
Di halaman ‘My Account’ Anda bisa mengganti avatar, mengganti username, mengganti alamat email, mengganti password, menghapus akun, dan mengaktifkan autentikasi 2 faktor.
Di sidebar sebelah kiri juga ada pilihan halaman setelan lain. Anda bisa mengatur setelan privasi, cek aplikasi yang Anda pakai, dan menghubungkan akun Discord ke media sosial, seperti YouTube, Facebook, Twitter, Twitch, dll.

Bagaimana Bergabung Dengan Server Discord?

Anda bisa bergabung dengan sebuah server komunitas melalui tautan (link) undangan atau lewat halaman eksplorasi server publik di dalam aplikasi. Beberapa server komunitas bersifat pribadi dan meminta akses dari undangan. Selain bergabung, Anda juga bisa membuat server Discord sendiri.
Anda bisa mengakses halaman eksplorasi server publik dan membuat server sendiri melalui tombol di sidebar kiri di bagian bawah (di bawah daftar server komunitas).

Apa itu Discord Server?

Discord Server merupakan tempat sebuah komunitas berada dan tempat anggotanya berkomunikasi. Bayangkan seperti sebuah rumah. Di aplikasi, Anda bisa menemukan server komunitas di bagian paling pinggir sidebar kiri. Kalau Anda bergabung di beberapa server komunitas Discord, Anda akan melihat beberapa ikon komunitas tersebut di sana. Contoh yang dipakai dalam hackathon ini adalah CodeForGOD.

Apa itu Discord Bots?

Banyak alat pengelolaan komunitas dan server terbaik yang tersedia untuk Discord tidak disertakan dengan aplikasi, tetapi dipasang secara terpisah sebagai program pihak ketiga. Ini disebut bot, dan Discord memiliki daftar bot yang didukung secara resmi yang memberi pemilik server alat moderasi yang komprehensif dan integrasi dengan aplikasi lain, seperti Twitch atau YouTube.

Apa itu Channel di Discord?

Istilah kanal atau channel di sini sedikit berbeda dengan istilah di YouTube. Kanal merupakan jalur atau cara berkomunikasi di dalam aplikasi. Discord membagi server dalam dua kanal besar, yaitu Text Channel (kanal teks) dan Voice Channel (kanal suara). Di Text Channel Anda akan ngobrol lewat teks, dan di Voice Channel Anda akan ngobrol lewat suara. Kedua kanal itu akan terbagi lagi menjadi kanal-kanal yang lebih spesifik. Ibaratnya seperti ruangan di dalam rumah. Masing-masing kanal bisa memiliki tema sendiri. Misalnya: #rules untuk melihat aturan-aturan atau #team untuk bergabung dalam tim yang sudah ditetapkan untuk mengerjakan proyek. Dengan begitu, obrolan tidak akan bercampur jadi satu.

Bagaimana Ngobrol di Discord?

Untuk ngobrol di komunitas dalam aplikasi Discord, tentunya kamu harus bergabung dan memilih server tersebut. Kemudian kamu bisa memilih kanal apa sebagai tempat ngobrol. Jangan lupa memperkenalkan diri bila diminta dan ikuti peraturan yang ditetapkan oleh moderator.

a. Ngobrol Dengan Teks

Menggunakan obrolan teks di Discord tidak jauh berbeda dengan aplikasi chatting lain (tentu saja dengan tampilan yang sedikit berbeda di sini). Di sini kamu juga bisa memakai emoji (tiap server suka punya emoji khusus yang lucu), mengirim animasi GIF, mengirim gambar dan video, berbagi link, dll. Kamu bisa melakukannya dengan menekan ikon di kotak ketikan (baik ikon GIF , emoji, atau lampiran/attachment). Batasan karakter untuk ketikan di Discord adalah 2000 karakter. Lalu Discord juga mendukung beberapa fungsi perintah seperti ‘@‘ untuk menyebut seseorang (mention) atau ‘/‘ sebagai shortcut untuk fungsi khusus.

b. Ngobrol Dengan Suara

Untuk ngobrol dengan suara, kamu harus memilih Voice Channel yang bersangkutan. Kamu akan melihat lingkaran hijau di sekitar avatarmu ketika kamu bicara. Serunya, kamu bisa mengatur tingkat volume, berbagi video, berbagi layar, bergabung di live stream, atau bahkan mendengarkan musik bersama dengan Spotify.

c. Ngobrol Dengan Video

Caranya sama seperti dengan suara, hanya saja ini berupa video yg bisa diikuti kurang lebih 10 orang secara bersamaan.
Last modified 1yr ago